Perbandingan PVC dan uPVC: Kelebihan dan Kekurangan

Perbandingan PVC dan uPVC: Kelebihan dan Kekurangan

Ketika membangun hunian, Sobat Fortress tentu perlu mempertimbangkan banyak hal, mulai dari desain hingga material yang digunakan.

Salah satu bahan yang mungkin Sobat Fortress pertimbangkan ialah PVC dan UPVC. Lantas, apa perbedaan antara kedua material tersebut dan mana yang lebih baik untuk Sobat Fortress? Simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Apa itu PVC?

PVC atau Polyvinyl Chloride adalah jenis plastik yang terkenal dan sering digunakan dalam berbagai bidang, baik industri maupun konstruksi.

Material ini dikenal sangat fleksibel dan tahan lama, membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk berbagai keperluan, termasuk pembuatan pipa, kabel, dan lembaran.

Apa itu UPVC?

Sementara itu, UPVC atau Unplasticized Polyvinyl Chloride adalah varian dari PVC yang tidak mengandung plastisizer.

Dibandingkan dengan PVC, UPVC lebih keras dan tahan terhadap pengaruh cuaca, kimia, dan korosi, sehingga sering digunakan dalam industri konstruksi, khususnya untuk bingkai jendela, pintu, dan pipa saluran.

Baca Juga : Waktunya Melakukan Upgrade Pintu Rumah? 5 Hal Penting

Perbandingan PVC dan UPVC: Kelebihan dan Kekurangan Lebih Detil

Sekarang, Sobat Fortress tentunya ingin mengetahui lebih lanjut seputar kelebihan dan kekurangan dari PVC dan UPVC, bukan? Mari kita bahas lebih detail.

Kelebihan dan Kekurangan PVC

Sebagai material yang populer, Polyvinyl Chloride (PVC) memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Fleksibilitas: PVC memiliki fleksibilitas yang tinggi, memudahkan dalam pengerjaan dan pemasangan sehingga ideal untuk berbagai aplikasi.
  2. Ketahanan Air: PVC memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air, menjadikan material ini sangat pas untuk aplikasi pipa dan saluran air.
  3. Harga yang Lebih Murah: Dibandingkan dengan UPVC, harga PVC cenderung lebih murah, jadi cocok untuk Sobat Fortress yang memiliki anggaran terbatas.

Namun, PVC juga memiliki kekurangan, antara lain:

  1. Dampak Lingkungan: PVC dapat melepaskan gas beracun ketika terbakar, yang bisa merugikan kesehatan dan lingkungan.
  2. Kurang Tahan Sinar UV: PVC kurang tahan terhadap sinar UV, yang bisa membuat material ini menjadi rapuh dan berubah warna menjadi pucat.

Baca Juga : Aluminium vs uPVC: Pilihan Terbaik untuk Pintu Bifold Anda

Kelebihan dan Kekurangan UPVC

Sementara itu, Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC) juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut detailnya:

  1. Kekuatan dan ketahanan yang baik terhadap cuaca : UPVC lebih keras dan tahan terhadap pengaruh cuaca dibandingkan PVC. Maka itu, Sobat Fortress bisa mengandalkan UPVC untuk bahan bangunan di dalam maupun luar ruangan.
  2. Tahan terhadap korosi: Tidak hanya tahan cuaca, UPVC juga tahan terhadap korosi, membuatnya ideal untuk digunakan pada saluran pipa dan bingkai jendela.
  3. Ramah Lingkungan: Berbeda dengan PVC, ketika dibakar, UPVC tidak akan menghasilkan gas berbahaya. Material ini juga bisa didaur ulang.

Namun, tentunya UPVC juga memiliki kelemahan, yaitu:

  1. Harga yang Relatif Lebih Tinggi: Meski memberikan banyak keuntungan, harga UPVC cenderung lebih tinggi dibanding PVC. Jadi, Sobat Fortress perlu mempertimbangkan anggaran sebelum memilih material ini.

Aplikasi UPVC dalam Material Bangunan

7 Kelebihan & Kekurangan Pintu Kamar Mandi PVC

Unplasticized Polyvinyl Chloride (UPVC) dikenal memiliki banyak keunggulan, seperti tahan terhadap cuaca dan korosi, serta memiliki tingkat kekerasan yang lebih baik dibandingkan PVC biasa.

Berkat sifat-sifat tersebut, UPVC menjadi pilihan material yang ideal dalam berbagai aplikasi konstruksi dan bangunan. Berikut merupakan berbagai aplikasi UPVC dalam material bangunan.

Bingkai Jendela

UPVC sering digunakan sebagai bahan bingkai jendela. Material ini tahan terhadap cuaca dan tidak mudah berubah warna, sehingga bingkai jendela dari UPVC akan awet meski diterpa cuaca panas atau dingin sekalipun.

Tak hanya itu, bingkai jendela dari UPVC juga mudah dibersihkan dan tidak memerlukan pewarnaan atau pengecatan ulang.

Pintu

Sama seperti bingkai jendela, UPVC juga kerap digunakan sebagai bahan pintu.

Dengan UPVC, pintu Sobat Fortress tidak akan mudah rusak oleh cuaca atau korosi.

Selain itu, pintu dari UPVC juga tahan terhadap serangan rayap, sesuatu yang umum menjadi masalah pada pintu kayu.

Pipa

Pipa UPVC lebih kuat dan tahan terhadap korosi dibanding pipa PVC biasa.

Hal ini membuat pipa UPVC sangat ideal untuk saluran air, saluran pembuangan, dan pipa penyaluran air minum.

UPVC juga tahan terhadap penyusutan dan serangan kimia, serta memiliki umur pakai yang lebih panjang dibanding pipa PVC biasa.

Partisi

Partisi atau pembatas ruangan dari UPVC menjadi pilihan yang populer karena material ini mampu memberikan isolasi suara yang baik. Selain itu, partisi UPVC juga tahan terhadap api dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Atap

Dalam beberapa kasus, UPVC juga digunakan sebagai material atap, terutama dalam proyek-proyek konstruksi berskala besar seperti stadion atau tempat parkir.

Atap UPVC tahan terhadap cuaca dan memiliki umur pakai yang panjang.

Dengan keunggulan-keunggulan tersebut, UPVC semakin menjelma menjadi bahan yang sangat diandalkan dalam berbagai aplikasi bangunan.

Dengan daya tahan yang tinggi dan perawatan yang minimal, UPVC bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan bagi Sobat Fortress.

Pintu UPVC dari FORTRESS

FORTRESS merupakan pilihan tepat dalam memilih pintu UPVC untuk hunian Sobat Fortress.

Dengan menggunakan teknologi mutakhir, FORTRESS mampu menyediakan pintu UPVC yang tahan lama, tahan air dan ramah lingkungan dengan berbagai opsi desain yang menarik.

Sehingga, Sobat Fortress tak perlu khawatir soal keawetan serta estetika hunian.

Kesimpulan

Baik PVC maupun UPVC memiliki manfaat dan kekurangan masing-masing.

Dalam perbandingan PVC dan UPVC, jika Sobat Fortress mencari material yang fleksibel dan murah, PVC mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Namun, jika Sobat Fortress ingin investasi jangka panjang dengan material yang tahan lama dan tahan cuaca, UPVC adalah pilihan yang lebih baik, walaupun Sobat Fortress harus membayar lebih.

FORTRESS menghadirkan pintu UPVC dengan kualitas tinggi yang dapat memberikan nilai tambah pada hunian Sobat Fortress.

Dengan pintu UPVC dari FORTRESS, Sobat Fortress dapat menikmati pintu yang tahan lama, tahan air, dan ramah lingkungan dengan sejumlah pilihan desain yang estetik.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *