Apakah Baja Lebih Kuat dari Besi

Apakah Baja Lebih Kuat dari Besi?

Pasti banyak yang penasaran kan apakah baja lebih kuat dari besi? Kedua logam ini memang terkenal kuat, tetapi yang paling kuat adalah baja. Bahkan baja juga sering dipakai di bahan bangunan dan pembuatan bangunan.

Saat ini sudah banyak sekali bahan baja yang bisa kita temui. Mulai dari plat baja, besi baja, hingga pintu yang terbuat dari bahan baja. Semua produk tersebut memakai baja karena memang kekuatannya yang luar biasa.

Kenapa Baja Lebih Kuat?

Ada beberapa alasan mengapa baja menjadi material logam kuat, pertama yakni karena Baja mengandung sejumlah besar karbon. Hal ini tentu bisa memberikan kekuatan dan kekerasan yang tinggi.

Karbon ini akan berinteraksi dengan besi dan membentuk struktur kristal yang disebut ferit dan sementit. Struktur inilah yang memberikan kekuatan tambahan pada baja.

Baca Juga: Apakah Baja Mudah Patah

Selain itu, baja juga mengalami berbagai proses pengolahan seperti pemanasan, penggulungan, dan pendinginan. Proses selesai ini akan menghasilkan struktur kristal yang lebih kuat, sehingga membuat sifat-sifat fisik dan mekanis baja semakin kokoh.

Baja memiliki sifat yang baik dalam hal pemanasan dan pendinginan berulang. Hal ini pula yang membuat baja tahan terhadap suhu tinggi dan suhu rendah. Sehingga membuatnya jauh lebih cocok untuk berbagai aplikasi bangunan.

Alasan baja jauh lebih kuat yakni biasanya baja dilapisi dengan pelapis yang tahan terhadap korosi atau oksidasi. Umumnya baja akan mendapatkan lapisan cat atau lapisan galvanis. Sehingga dapat menjaga kekuatan struktur baja dalam berbagai lingkungan.

Bahkan baja juga memiliki sifat yang baik dalam hal keuletan atau sifat ductile. Artinya baja dapat menahan tegangan yang tinggi tanpa patah atau retak. Tak heran jika baja sering kita temui di berbagai bahan bangunan.

Baca Juga: Apakah Piintu Baja Tahan Air?

Alasan Kenapa Baja Lebih Kuat Dari Besi

Semua tentunya sepakat kalau logam baja jauh lebih kuat daripada besi. Nggak heran juga kalau material baja lebih banyak dimanfaatkan untuk bangunan. Kekuatan baja ini tentu memiliki alasan tersendiri dong.

Ada beberapa alasan mengapa baja jauh lebih kuat dari besi, pertama karena komposisi kimianya. Baja mengandung besi sebagai komponen utama dan unsur karbon sebagai tambahan. Unsur tambahan ini misalnya seperti nikel, krom, mangan, dan vanadium.

Unsur tersebutlah yang membuat baja jauh lebih kuat ketimbang besi. Bahkan baja juga memiliki kekuatan mekanik yang memungkinkan untuk mencapai kekuatan lebih tinggi. Sehingga baja dapat menahan tekanan, tarikan, dan beban yang lebih besar daripada besi murni.

Baca Juga: Apakah Pintu Baja Bagus?

Soal kekerasan, baja memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada besi murni. Hal ini akan membuat baja lebih tahan terhadap deformasi dan aus. Selain itu, baja juga tidak mudah terkena korosi, jadi lebih awet dan tahan lama.

Tidak mengherankan jika bahan baja sering dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti pintu. Saat ini sudah banyak sekali pintu baja yang tersedia di pasaran. Salah satu produk unggulan pintu baja adalah Pintu Fortress.

Pintu Baja Fortress memiliki kekuatan dan ketangguhan yang luar biasa. Dengan memakai pintu ini, Anda bisa mendapatkan kenyamanan dan keamanan ekstra ketimbang memaki pintu kayu.

Penutup

Sudah terjawab kan apakah baja lebih kuat dari besi? Pada intinya baja jauh lebih kuat, karena itu material baja bisa dipakai di pintu. Pintu baja terbaik hanya ada di Fortress yang telah terkenal unggul dan kokoh. Jangan lupa gunakan pintu baja Fortress ya, informasi lebih lanjut kunjungi situs pintubaja.co.id.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *